Produk Terlaris

Generasi Emas Lahir dari Guru Yang Berhati Emas

Posted by ARPAN NEWS 0 komentar
Berdirilah untuk menghormati guru dan agungkanlah dia. Guru itu hamper-hampir seperti seorang nabi”_Ahmad Syauq (penyair Mesir)

Berbicara pendidikan sungguh sangat luas cakupannya, dan tentu berdampak pada bentangan aktivitas guru. Seorang yang sudah mengikat hatinya pada profesi pendidikan ini, akan mengarungi tantangan lautan tersebut yaitu lautan pendidikan dengan segala pernak-pernik permasalalahan yang menyertainya. Dalam cakupan yang lebih luas untuk mendidik siswa agar memiliki karakter yang diharapkan  tentu harapan bangsa.

Pendidikan yang melahirkan generasi emas pada saat ini, sangat menentukan untuk bangsa kedepannya. Oleh karenanya pemerintah harus bisa membuat program yang betul-betul berkesinambungan, artinya apa yang telah diprogramkan oleh pemerintah masa lalu bisa dilanjutkan oleh pemerintahan sekarang dan seterusnya.

Pemerintah bisa melihat negara - negara yang sudah maju bagaimana mereka menyikapapi masalah pendidikan, dari kalangan akar rumput hingga para birokrat semuanya bahu membahu, lihatlah sejarah bangsa Jepang ketika negaranya hancur di bom atom oleh Amerika, mereka bisa bangkit kembali.


Ketika itu kaisar menyuruh pengawalnya untuk memanggil guru. Pengawalnya bertanya, “Kenapa bukan teknokrat yang dipanggil untuk membangun negeri ini?,” “Tidak” kata Kaisar.

Kemudian pengawal bertanya lagi, “Kenapa bukan militer yang dipanggil untuk membalas  Amerika yang telah meluluh lantahkan negeri ini?” Kaisar Jepangpun menjawab “Tidak”.

Selanjutnya pengawal itu mempertanyakan lagi, “Kenapa bukan pakar ekonom yang dipanggil membenahi ekonomi negeri ini?” Maka Kaisar itupun juga menjawab, “Tidak”

Kaisar itu menjelaskan kepada pengawalnya, “ Di tangan gurulah negeri ini bisa bangkit untuk mengajari generasi-generasi dan masa depan negeri ini di tangan para guru”

Kaisar Jepang berjiwa visioner dalam melihat masa depan. Pendidikan dengan gurunya adalah kunci untuk membangun bangsa ke depan. Di tangan guru, akan lahir generasi-generasi masa depan untuk membangun bangsa.

Hari ini terbukti, Jepang bisa bangkit dari bom Nagasaki dan Hirosima. Bahkan Jepang bisa bersaing dengan bangsa yang telah meluluh lantahkan yaitu Amerika. Dengan guru banyak lahir pemikir, teknokrat, militer dan ekonom lahir lebih cerdas dan lebih unggul dalam rangka membangun negeri Jepang.

Guru  bisa melahirkan generasi emas karena guru berjiwa emas. Kompetensi dan komitmen yang berpadu dengan kesantunan adalah prasyarat menjadi guru berjiwa emas. Kompetensi guru yang unggul dengan keahlian dan skill melalui uji kompetensi unggul. Komitmen guru adalah lahirnya generasi bukan sekedar mencari gaji tinggi.

Bangsa ini harus belajar dari bangsa Jepang yang menempatkan guru pada tempat yang mulia. Penempatan secara struktural maupun kultural harus dilindungi oleh undang-undang dan ditingkatkan kualitasnya oleh kebijakan negara.

Bagaimana dengan negeri kita?  Tidak perlu menunggu undang-undang dan kebijakan dari para pengambil kebijakan negeri ini kalau mau menjadi guru malaikat, sebab nanti akan kecewa dan  cenderung apatis. Lakukan sebisa mungkin dari diri sendiri dan sekarang juga untuk menjadi guru sejati. Wallahu a’lam bish shawwab. 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Generasi Emas Lahir dari Guru Yang Berhati Emas
Ditulis oleh ARPAN NEWS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://arpannews.blogspot.com/2015/02/generasi-emas-lahir-dari-guru-yang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan kalau ada yang mau memberi masukan,komentar yang sopan kami hargai

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
- Original design by Arpan | Copyright of ARPAN NEWS.